Gambaran Umum Desa

Desa Sanda merupakan salah satu dari 14 desa di wilayah Kecamatan Pupuan, terletak + 38 Km ke arah utara dari pusat kota Tabanan. Desa Sanda memiliki batas-batas sebagai berikut:
– Sebelah Utara: Desa Batungsel
– Sebelah Timur: Hutan Negara
– Sebelah Selatan: Desa Belimbing
– Sebelah Barat : Desa Padangan dan Desa Jelijih Punggang
Dilihat dari kondisi geografis, wilayah Desa Sanda merupakan dataran tinggi dengan ketinggian + 725 meter dari permukaan air laut. Suhu udara berkisar antara 23 sd 28ºC dengan curah hujan rata-rata 1050 mm/tahun.
Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, wilayah Desa dibagi menjadi 3 Banjar Dinas, yaitu: Banjar Dinas Sanda, Banjar Dinas Paka dan Banjar Dinas Sekar Sandat.

Desa Sanda mungkin asing ditelinga orang pada umumnya. Asal mula nama desa Sanda yaitu berasal dari kata “mesandekan” yang artinya tempat peristirahatan pada zaman dahulu dimana di tempat ini awalnya terdapat berupa pondok tempat peristirahatan. seiring berjalannya waktu istilah mesandekan ini kalau dalam istilah balinya kesandiang atau hanya diambil kata dasar, menjadi sanda. Kemudian dipakai hingga sekarang yaitu Desa Sanda.

Lokasi Desa Sanda
Desa Sanda berlokasi di kecamatan Pupuan, kabupaten Tabanan, provinsi Bali.
» Kelurahan/Desa : Sanda
» di Kecamatan Pupuan – Kab. Tabanan
» di Provinsi Bali » Kode POS : 82163

Fisiografis Desa Sanda
secara geografi desa Sanda terletak di sebelah barat daya gunung Watukaru. Memiliki lereng yang landai hingga bergelombang. dialiri oleh aliran radial sentrifugal yang mana meninggalkan pusatnya yaitu gunung Watukaru contohnya Sungai Balian. Desa ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dpl(di atas permukaan air laut).

Sumber Daya Alam
kopi merupakan prioritas utama daerah ini karena letak desa ini cocok untuk budidaya tanaman kopi. selain kopi juga terdapat coklat, kelapa, durian, pisang, cengkeh, dan lain-lain.
sebelah utara desa ini merupakan kawasan hutan. Masyarakat biasanya mengambil kayu bakar.
di desa ini juga terdapat persawahan.

The Sanda Butik Villas
Sanda Butik Villas are nestled in the cool and quiet foothills of Batukaru Mountain in the south of Bali. The property is spread amongst the trees of an old coffee plantation, perched on a rice field overlooking a deep valley. Along with mango and papaya trees, most of the coffee trees are maintained, providing guests with fresh coffee and fruit. All the air conditioned villas are spacious and beautifully appointed. Large private verandas offer breathtaking views of the mountain, valley and sunsets.